Langsung ke konten utama

Bagaimana Cara Melepas Aki Mobil Peugeot?

Pug lovers pasti sudah mengetahui kalau mobil pintar berteknologi immobilizer (anti theft system) memiliki teknologi anti maling yang sangat aman, bahkan jika kita menduplikat kunci tanpa mengisi data pada kuncinya maka kunci duplikat itu tidak dapat digunakan untuk men-starter mobil, tapi lumayan masih bisa digunakan untuk membuka pintu dan tutup tanki bensin/ solar. Mobil Eropa sebagian besar sudah menerapkan teknologi ini.

Namun di balik jaminan keamanan tersebut ada risiko dimana kita sebagai pemilik tidak bisa seenaknya memutus kelistrikan, misalnya dalam hal melepas aki. Kalau sewaktu-waktu kita terjepit dalam kondisi melepas aki dikarenakan aki sudah aus dan ingin mengganti sendiri (karena mobil sudah tidak mau jalan), maka bisa dilakukan dengan cara sbb:
(0) buka kap mesin,
(1) buka jendela sopir,
(2) dari luar mobil lewat jendela, posisikan kunci “on” (tanpa starter), tunggu 10 detik, lalu matikan, jangan buka pintu dulu,
(3) tunggu semua lampu (termasuk switch power window) mati, lalu cabut aki yaitu dengan mencabut kutub negatif dulu dilanjutkan kutub positif,
(4) untuk memasang lagi tinggal tancapkan kutub positif terlebih dahulu kemudian dilanjutkan kutub negatif.


Berapa lama aki boleh dicopot? Boleh berhari-hari bahkan berbulan-bulan (menurut buku manual, kalo mobil lama tidak akan digunakan, aki disarankan dicabut). PR kecil setelah aki dilepas dan dipasang ulang paling reset bahasa, tanggal, jam, satuan suhu, satuan kecepatan, dll.
Bagaimana jika terjadi kesalahan sehingga ECU terkunci (locked)?
Harus dimasukkan kode PIN (yang tertera di kartu security code bawaan, seperti kartu ATM) melalui aplikasi komputer yang disebut Peugeot Planet System (PPS). Banyak bengkel spesialis mobil Eropa atau bahkan spesialis Peugeot yang sudah mempunyai software ini, selain bengkel resmi tentunya.
Apakah bisa membuat kunci cadangan atau membuat kartu security code lagi?
Berdasar informasi yang beredar di beberapa forum, kita bisa memesan kunci cadangan atau security code ke Astra Peugeot di Sunter Jakarta, namun belum dapat penulis peroleh informasi mengenai: berapa lama prosesnya; berapa biayanya, namun lebih lanjut akan penulis sampaikan dalam posting berikutnya. Semoga bermanfaat :)

Komentar